Selasa, 01 Januari 2019

15 Tips Agar Komputer Tidak Lemot

Pemakaian Komputer sekarang ini telah makin diperlukan. Banyak pekerjaan yang awalannya ditangani oleh manusia sekarang terbantu karenanya ada komputer. Oleh karenanya, komputer yang bisa beroperasi dengan baik ialah satu keharusan.

Akan tetapi, kadang bila kita tidak memerhatikan kapasitas komputer dengan baik, komputer kita dapat jadi lemot. Sebabnya dapat beberapa perihal, dari mulai detail komputer yang minim, sampai sebab terinfeksi virus komputer. Lantas, bagaimana tips agar komputer tidak lemot? Yuk dibaca infonya berikut ini:

1. Disable Program Saat Start Up

Waktu startup (komputer pertama dihidupkan), kadang beberapa software yang berjalan automatis tiada disuruh. Hal itu ialah salah satunya pemicu RAM cepat penuh saat startup. Masih tetap mending bila program itu bermanfaat, bagaimana bila program itu sebetulnya tidak terpenting untuk digerakkan waktu startup? Tentunya, hal itu akan menghamburkan RAM komputer untuk proses yang tidak terpenting. Pada komputer ber-OS Windows, Anda dapat mematikan program-program yang berjalan automatis saat startup lewat cara seperti berikut:

  • Tekan tombol Windows + R pada keyboard untuk buka jendela Run.
  • Pada jendela Run, tulis “msconfig” (tiada sinyal kutip), lantas tekan Enter.
  • Setelah itu akan muncul jendela “System Configuration”. Pilih tab “Startup”.
  • Pada tab itu, Anda akan menjumpai beberapa program yang akan berjalan saat Windows lakukan startup.

task manager - star up Komputer Nation
Menghilangkan sinyal centang pada software yang tidak terpenting. Bila telah, click OK
Sesudah itu, Anda akan ditempatkan pada 2 pilihan, akan langsung me-restart komputer atau ingin keluar dari jendela Sistem Configuration tiada restart. Bila ingin rasakan langsung efeknya, lebih baik Anda me-restart komputer itu.

2. Tingkatkan RAM Komputer

RAM Komputer Nation
Tahukah Anda, jika dampak ram pada kapasitas komputer nyatanya besar sekali. tips agar komputer tidak lemot yang dapat Anda kerjakan yaitu dengan meningkatkan kemampuan RAM di komputer Anda. Umumnya, produsen motherboard komputer mengikutkan beberapa slot RAM sekitar 4 slot, serta slot yang terisi RAM umumnya tidak semua digunakan. Slot tidak terpakai itu dapat Anda pakai untuk RAM baru Anda. Anda dapat juga coba kemampuan ram paling besar sekarang ini pada komputer Anda supaya kapasitas komputer Anda makin josssssss.

3. Gunakan SSD

SSD Intel Komputer Nation
SSD (Solid State Drive) ialah type harddisk dari peningkatan tehnologi harddisk biasa. Berlainan dengan harddisk biasa yang memakai kepingan, SSD memakai chip untuk mengoptimalkan feature penyimpanan data pada komputer. Salah satunya keunggulan memakai SSD ialah percepat proses booting serta startup. Faktanya sebab SSD mempunyai kecepatan membaca yang tambah lebih tinggi daripada harddisk biasa. Walau demikian, sekarang ini harga SSD masih tetap tambah mahal serta kemampuan paling besar sekarang ini belumlah sepadan dengan kemampuan paling besar harddisk biasa sekarang ini.

4. Nonaktifkan "Search Index"

Search Index Komputer Nation
Search index ialah feature yang dipunyai oleh OS Windows untuk mempermudah pemakai dalam lakukan penelusuran file serta folder yang berada di dalam harddisk. Nyatanya, feature ini pula punya pengaruh pada startup komputer yang berjalan lamban. Oleh karenanya, menonaktifkan feature ini ialah salah satunya tips agar komputer tidak lemot yang dapat Anda kerjakan untuk menolong percepat startup. Di bawah ini ialah triknya:

  • Membuka Windows Explorer. Triknya, tekan tombol Windows + E pada keyboard, atau double klik simbol “Windows Explorer” pada desktop.
  • Di bagian “My Computer”, click kanan, lantas pilih “Manage”.
  • Pilih “Services and Application” > “Services”.
  • Pilih “Windows Search”, lantas double klik untuk menimbulkan jendela baru.
  • Setelah itu, pilih tab “General”. Di bagian “Startup Type”, pilih “Disabled”. Bila telah, click OK.

5. Nonaktifkan Aero Theme

Aero Theme Komputer Nation
Salah satunya keunggulan serta kekurangan Windows 7 ialah terdapatnya Aero Theme, yang membuat tiap-tiap topik pada Windows mempunyai animasi sendiri saat terbuka. Walau feature itu menarik, akan tetapi feature itu dapat mengonsumsi RAM serta dapat mengakibatkan startup komputer jadi lamban. Di bawah ini ialah tips – tips untuk menonakfitkannya :

  • Klik kanan pada tampilan desktop
  • Pilih “Personalization” > “Color”
  • Pada jendela “Color”, hilangkan centang pada “Enable transparency”.
  • Klik “Save Changes”

6. Sesuaikan peforma dengan spek hardware

PC MSI Z87I AC Komputer Nation
Kadang, kita menjadi pemakai mengendalikan perform komputer kita dengan penyusunan yang tidak cocok dengan detail hardware yang berada di komputer. Perihal tentunya membuat kapasitas komputer Anda lemot sebab memang komputer Anda tidak dapat berakselerasi dengan penyusunan pemakai. Oleh karenanya, cocokkan perform dari software yang terinstal pada komputer sama dengan detail hardware yang Ada. tips tersebut dapat diaplikasikan pada semua software yang memerlukan perform lebih supaya bisa mengolah data bertambah cepat. Perumpamaannya seperti game atau software design grafis.

7. Matikan Suara Saat Start-up

Loudspeaker Komputer Nation
Tahukah Anda, jika pemakaian nada saat startup nyatanya memengaruhi lamanya startup komputer. Jadi, salah satunya tips agar komputer tidak lemot yaitu dengan menonaktifkan nada saat startup. Triknya bagaimana sich? Baca saja berikut ini:

  • Klik Start > Control Panel
  • Pada jendela “Control Panel, pilih “Sounds”
  • Pada jendela “Sounds”, pilih tab “Sound”
  • Hilangkan centang pada “Enable system startup sound”. Lalu, klik OK

8. Matikan User Account Control

User Account Control
User Accoung Control ialah feature pada Windows untuk mengurus izin merubah penyusunan pada Windows. Walau faedahnya dapat mencegah virus yang berusaha untuk merubah penyusunan Windows tiada sepengatuhan Anda, kadang feature ini bisa membuat komputer lemot. Untuk mematikan feature ini, Anda mesti terlebih dulu login menjadi administrator serta lakukan set permissions pada model off. Berikut tips menonaktifkan feature User Akun Control :
  • Klik Start
  • Ketik “User account control” pada kolom pencarian Start.
  • Pilih “Change user control account settings” yang muncul pada hasil pencarian.
  • Pada jendela “User Account Control Setting”, turunkan slider hingga posisi terbawah, yaitu “Never Notify”
  • Klik OK untuk menyimpan pengaturan

9. Defragmentasi Hard disk

Defragment Komputer Nation
Umumnya, data-data pada harddisk akan tersimpan dengan acak. Perihal ini pasti bisa perlambat proses pemrosesan data pada komputer. Oleh karenanya, butuh dikerjakan defragmentasi. Manfaat defragmentasi ini ialah untuk mengurutkan skema file dan folder yang berada di dalam harddisk, hingga letak file pada harddisk jadi lebih rapi, serta memengaruhi kecepatan pembacaan data pada harddisk.

Untuk lakukan defragmentasi pada harddisk, Anda dapat memakai feature bawaan Windows. Triknya ialah seperti berikut:
  • Buka Windows Explorer
  • Klik kanan pada partisi sistem (C:)
  • Pilih “Properties”
  • Pada jendela “Properties”, pilih tab “Tools” dan pilih “Defragment Now”
  • Cara yang sama bisa Anda terapkan di partisi harddisk lainnya.
Menjadi pilihan, Anda dapat juga memakai software tools defragmenter pihak ke-3. Anda dapat mencarinya di internet.

10. Kurang Fitur pada sistem operasi

Fitur Sistem Operasi Komputer Nation
Di semua type skema operasi komputer, seperti Windows, Linux, iOS, serta yang lain, ada beberapa sekali feature penambahan yang menarik serta bermanfaat. Akan tetapi sayangnya, kadang feature – feature itu justru mengakibatkan komputer jadi lemot. Oleh karenanya, Sebaiknya anda mematikan fitur-fitur itu. Umumnya, fitur-fitur tersebt ialah feature bawaan dari skema operasi, karena itu itu Anda cuma dapat mematikannya serta tidak dapat menghapusnya (uninstall).

11. Bersihkan Komputer

Komputer Cleaner Komputer Nation
Pemicu yang lain dari komputer yang lemot ialah kondisi fisik komputer yang kotor. Karena itu, Anda mesti bersihkan komputer Anda. Kerjakan pembersihan dengan berkala supaya perform komputer tetap terbangun maksimal.

12. 1 Antivirus Lebih Baik

Antivirus Komputer Nation
Memang, antivirus adalah software yang harus terinstal pada komputer. Maksudnya supaya komputer Anda terlepas dari virus komputer yang makin mutakhir saja sekarang ini. Akan tetapi, antivirus yang terinstal pada komputer dapat memengaruhi kapasitas RAM. Hal itu sebab antivirus akan automatis berjalan saat komputer lakukan startup. Mengingat fungsinya yang terpenting, akan tetapi bila dilewatkan dapat perlambat komputer Anda, semestinya Anda memakai cuma 1 antivirus saja.

13. Space Kosong Hard disk

Kapasitas Hard Disk Komputer Nation
Bila ruangan pada harddisk Anda telah penuh, semestinya Anda menambahkannya lewat cara beli harddisk baru. Penuhnya ruangan di harddisk ialah salah satunya pemicu komputer seringkali hang. Diluar itu, harddisk yang penuh ikut perlambat dalam indexing data pada harddisk.

14. Scan Virus di Komputer

Antivirus Scan Microsoft Komputer Nation
Virus komputer dapat perlambat kapasitas komputer Anda. Oleh karenanya, salah satunya tips supaya komputer tidak lemot ialah lakukan scanning virus pada komputer Anda memakai antivirus yang terinstal pada komputer Anda.

15. Install Ulang

Install Ulang Komputer Nation
Tips tersebut adalah tips terakhir bila sesudah Anda lakukan 14 tips diatas, komputer Anda masih tetap lemot. Kadang, ada banyak penyusunan komputer yang beralih tiada sepengetahuan pemakai, atau terdapatnya virus yang tidak terdeteksi oleh antivirus yang dapat mengakibatkan komputer jadi lemot. Harus, Anda mesti meng-install lagi komputer Anda. Eitss, sebelum itu, backup dulu semua data-data terpenting di komputer Anda.

Demikian artikel kami kesempatan ini sekitar tips agar komputer tidak lemot. Mudah-mudahan info yang kami beri dapat menolong Anda untuk menangani komputer yang lemot.