Selasa, 01 Januari 2019

8 Tips dan Trik Mengatasi Komputer Lelet dan Penyebabnya

Komputer yang lelet, alias kapasitasnya begitu lamban seperti kura-kura begitu mengesalkan ditambah lagi bila tengah tergesa-gesa untuk kerjakan suatu. Marah-marah cuma melampiaskan emosi tiada untuk. Rasa-rasanya ingin beli komputer barusan! Tetapi nantikan dahulu, harga komputer tidak murah, walau miliki cukuplah uang untuk membelinya, tetapi semestinya berdayakan dahulu apakah yang sudah dipunyai bila detail komputer anda sebetulnya masih tetap oke untuk lakukan pekerjaan anda.
Komputer dengan processor paling baru juga dapat jadi lelet, bila anda tidak menjaga serta memakainya dengan baik. Bila anda tengah alami permasalahan itu, anda tak perlu cemas, kesempatan ini Komputer Nation akan mengulas tips dan trik Supaya komputer Tidak Lelet dan tips dan trik menanganinya untuk menolong anda.

1. Telalu Banyak Program Startup

Saat menghidupkan komputer, ada banyak program yang dengan automatis langsung berjalan saat awal masuk ke monitor desktop windows atau startup. Lamanya loading komputer, akan begitu dipengaruhi oleh banyak program startup, makin banyak program akan makin memperlama loading komputer.

Cara melihat program apa saja yang ada di startup kita adalah dengan mengklik kanan taskbar yang ada di paling bawah monitor lalu klik kanan pilih task manager seperti di gambar :
Setelah itu masuk ke start up
task manager - star up Komputer Nation
 Kemudian hapuslah program yang berat yang tidak dibutuhkan di posisi start-up (program yang langsung berjalan sendiri saat pertama komputer dihidupkan) dengan cara disabled program berat start-up yang berposisi enable.
Karena itu jumlahnya program startup mesti dibatasi, jangan pernah kebanyakan sampai membuat komputer kita jadi lelet. Tersebut tips dan trik kurangi program startup di Windows.

2. Sangat Banyak Program yang di Install

Waktu beli komputer umumnya penjual meng-install sangat banyak program, terkadang tidak semua program itu kita perlukan. Kadang ada pula dua buah program yang sama/ semacam, walau sebenarnya kita dapat menggunakan diantaranya saja.

Jumlahnya program yang terinstall memepengaruhi kemampuan ingatan pada komputer, serta tentu saja memengaruhi kapasitas komputer. Semestinya kita meng-uninstall program yang tidak dibutuhkan, serta tak perlu menempatkan lebih dari satu program yang semacam, agar kemampuan ruangan ingatan lebih lega, serta kapasitas komputer tidaklah terlalu berat.

Berikut tips dan trik untuk meng-uninstall program komputer:

  • Buka Control Panel
  • Masuk ke Program and Features
  • Pilih Menu Uninstall Program
  • Pilih Program yang akan kita uninstall
  • Klik menu Uninstall lalu tunggu hingga proses peng-uninstallan selesai
Supaya ga bingung admin kasih gambarnya, kira2 seperti ini :
Control Panel - Uninstall Program Komputer Nation
Tinggal pilih deh program yang cuma buang2 storage alias ga berguna.


3. Sangat Banyak ‘Sampah’ yang tidak di membersihkan

Seperti dalam rumah, komputer ikut menaruh banyak ‘sampah’ digital yang kita hasilkan saat memakai komputer. Sampah itu dapat berbentuk file-file yang kita hapus, temporary files, recent Places, atau history serta cookies pada browser. File yang kita hapus, tidak betul-betul di hilangkan dari komputer, file-file itu akan tersimpan dalam Recycle Bin terkecuali bila kita menghapusnya dengan permanent. Kita mesti meniadakan file-file sampah itu dengan berkala, supaya tidak penuhi ruangan pada ingatan serta perlambat kapasitas komputer.
  • Untuk meniadakan file/ data pada Recycle Bin
  • Untuk meniadakan temporary files
  • Untuk meniadakan Recent Places
  • Untuk meniadakan history serta cookies pada browser

4. Diserang Virus/ Malware/ Spyware

Bila komputer diserang virus/ malware/ spyware, tidak hanya komputer jadi lamban ikut punya potensi mengakibatkan kerusakan data-data yang tersimpan dalam komputer sampai meneror privacy anda bila anda memakainya untuk menjelajahi internet. Untuk membendung datangnya virus, pasti anda mesti meng-install antivirus. Pilih antivirus yang terpercaya, janganlah menempatkan sembarang antivirus.
Virus Malware Spyware Komputer Nation
Bila komputer anda diserang virus, untuk menanganinya anda mesti lakukan scanning keseluruhannya pada komputer anda, termasuk juga pada sistem C. Anda sebaiknya mengerjakannya lewat save model.

5. Hardisk butuh di Defrag

Bila komputer yang anda punya telah lumayan lama anda beli, serta saat itu juga anda belum pernah lakukan disk defragmented pada hardisk anda, bisa saja file data yang tersimpan dalam hadisk tidak tersusun dengan rapi alias amburadul. Data yang amburadul akan memengaruhi ruangan pada ingatan, seperti satu almari yang amburadul, berasa penuh walau sebenarnya tidak.
Defragment Komputer Nation
Dengan mendefrag hardisk, data yang tersimpan akan tersusun rapi, hingga ada semakin banyak ruangan tersisa dalam ingatan hardisk. Untuk mengerjakannya sebagai berikut:

6. Hardisk Sangat Penuh

Perihal ini umumnya berlangsung bila komputer yang anda pakai telah lumayan lama/ tua. Kemampuan hardisk lama tidak sebesar kemampuan hardisk paling baru. Perumpamaannya hardisk keluaran 2005 ukurannya rata-rata cuma beberapa puluh GB, sedang hardisk keluaran tahun 2010 keatas kapasitasnya sampai beberapa ratus GB. Software-sotware program paling baru juga semakin besar ukurannya dibanding dengan software lama, serta file-file seperti dokumen, photo, musik, serta video yang dibuat juga tambah lebih besar.
Kapasitas Hard Disk Komputer Nation
Bila anda kebanyakan menaruh file, sampai ruangan kosong dalam hardisk anda hampir tidak ada, itu akan begitu memengaruhi kapasitas komputer. Tidak cuma membuat jadi lamban, tetapi ikut bepotensi mengakibatkan kerusakan hardisk anda. Pikirkan bila anda mempunyai satu almari, bila anda menjejakan banyak barang kedalamnya sampai begitu penuh, almari itu tentu semakin lebih cepat rusak.

Untuk menangani penuhnya hardisk, anda dapat mengalihkan file-file yang jarang anda pakai ke DVD/ USB/ Hardisk external; atau bila anda ingin anda dapat juga mengalihkannya sarana Could Storage (penyimpanan awan) seperti Google Drive.

7. Kemampuan RAM Kurang

Acak Acces Memory (RAM) adalah satu penyimpanan data sesaat. Pekerjaannya menaruh data/ intruksi dari processor. Oleh karenan itu RAM komputer bertindak terpenting waktu menjalankan satu program. Bila data/ petunjuk yang dilakukan processor waktu menjalankan satu program sangat berat, jadi kapasitas komputer akan melambat, sebab kurangnya ruangan ingatan. Perihal ini dapat berlangsung bila anda meng-install software baru pada komputer lama, atau bila anda buka kebanyakan program sekaligus juga.
RAM Komputer Nation
Tips dan trik paling mudah untuk menangani ini yaitu dengan mengupgrade atau meningkatkan kemampuan RAM pada komputer anda. tips dan trik lainnya anda dapat juga memberikan Virtual Memory, akan tetapi tips dan trik tersebut cukuplah susah serta dikit berefek.

8. Detail komputer tidak mencukupi

Seperti yang telah diterangkan di atas, perubahan tehnologi yang makin maju, membuat software-software paling baru jadi lebih detai serta kaya feature yang pasti meningkatkan ukuran software itu. Karena itu, bila anda memakai software baru pada komputer lama, pasti akan begitu memengaruhi kapasitas komputer. Type processor yang dipakai, kemampuan RAM, Hardisk serta VGA pada komputer akan begitu punya pengaruh.
Komponen Komputer Komputer Nation
Bila anda memang dituntut untuk memakai software paling baru, atau inginkan kecepatan yang cuma dapat diperoleh dari komputer dengan detail terbaru, kelihatannya sudah waktunya untuk ganti komputer anda. alternatif lain anda dapat mengupgrade piranti keras komputer yang anda punya. Tetapi sebelum lakukan itu, check dahulu potensi motherboard serta elemen simpatisan yang lain, apa memberi dukungan upgrade yang akan anda kerjakan ataukah tidak.